Senin, 01 Oktober 2018

Kursus EKG | 0817-0825-883 | Jadwal Kursus EKG

Pengalaman Mengikuti Kursus EKG
Pada peluang kali ini saya ingin men-sharing pengalaman saya ketika mengikuti pelatihan EKG di Jakarta.

Mungkin bagi kalian yang berada di bidang kedokteran telah tak asing lagi apabila mendengar kata EKG. EKG ialah singkatan dari Elektrokardiograf. Pelatihan ini hanya diperuntukkan bagi para dokter, untuk paramedis (perawat/bidan). Pelatihan ini bertempat di PERKI Jaya. Pelatihan ini sebenarnya tidak senantiasa diadakan di PERKI Jaya, akan tetapi berprofesi sama dengan fakultas di provinsi lain untuk mengadakan pelatihan, asalkan tenaga, alat dan peserta nya mencukupi prasyarat.


Nama saya Fahreza saya berasal dari kabupaten Karanganyar. Bagi yang tak tau Karanganyar, karanganyar berada di Jawa Tengah. Dahulu saya pernah merantau ke Purwokerto untuk Kuliah jurusan kedokteran. Saya kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto. Di tempat saya, cuma punya sedikit dokter. Sesekali saya merasa kasihan sama dokternya sebab apabila sedang banyak pasien dokternya kewalahan, apalagi kalau ada yang terkena sakit jantung, dokter tempat saya tak dapat menangani sebab bukan pakar jantung. Jadi yang terkena penyakit Jantung tadi semestinya di bawa Rumah sakit lain.

Lalu ketika saya di tempat Kuliah, Dosen saya sedikit membahas tentang EKG. Saat saya mengenal artinya, saya jadi ingat kampung halaman saya yang warganya ada yang terkena penyakit jantung. Sebab itu, sesudah menjadi Dokter saya segera mencari info perihal EKG.

Lalu saya menemukan Info Perihal Pelatihan EKG di PERKI Jaya Jakarta dari Situs - situs Google. Dari sana saya lalu menghubungi contact person yang tertera. Biaya nya Rp 1.300.000. Biaya hal yang demikian meliputi pelatihan, makan siang dan snack selama 2 hari, 2 buah modul dan 1 buah ransel. Biaya hal yang demikian tak termasuk penginapan. Untuk permasalahan penginapan, saya coba mencari kos – kos an di sekitar daerah pelatihan.

Sesudah pelaksanaan registrasi yang dilaksanakan melalui Whatsapp, saya dipinta untuk melaksanakan pembayaran, dan bukti pembayaran dikirimkan lewat Whatsapp. Sekitar selang 2 hari sesudah melaksanakan pembayaran saya telah dikirimi 2 buah modul, peta lokasi, aturan, brosur, dan lainnya. Modul sengaja dikirimkan jauh-jauh hari sebelum pelatihan supaya peserta dapat mempelajarinya sebab di hari pertama akan ada pre test.

Sesudah saya membaca kedua modul hal yang demikian akhirnya saya berangkat juga dari Karanganyar menuju Jakarta. Sesudah hingga di Jakarta, saya segera mencari kos - kos an. Sesudah itu saya mencari alamat PERKI Jaya di Jl. Bamboo Inn Hotel, supaya nanti di hari pertama pelatihan telah tau alamat nya.

Pelatihan EKG diadakan selama 2 hari (Sabtu, Minggu)
Saat itu jadwal EKG PERKI Tahun 2017 :
* Tgl 8–9 sept, 15–16 sept, 22–23 sept, 6–7 okt, 13–14 okt, 20–21 okt, 3–4 nov, 10–11 nov, 17–18 nov, 1–2 des, 8–9 des, 15–16 des 2017.

Hari pertama pelatihan EKG dilakukan pada jam 07.30 hingga dengan jam 08.00 yakni aktivitas Pre test, jam 08.00 hingga dengan 08.20 yakni materi anatomi & fisiologi metode kardiovaskular, jam 08.20 hingga dengan jam 08.50 yakni materi elektrokardiograf Normal & Sistematika Interpretasi, jam 08.50 hingga dengan jam 09.20 yakni materi hipertropi/dilatasi atrium & ventrikel, jam 09.20 hingga dengan jam 10.00 yakni materi iskemia & infark miokard, jam 10.00 hingga dengan jam 10.15 COFFEE BREAK, jam 10.15 hingga dengan jam 10.45 yakni materi blok atrioventrikular & intraventrikular, jam 10.45 hingga dengan jam 11.25 yakni materi   aritmia supraventricular, jam 11.25 hingga dengan jam 12.00 yakni materi aritmia ventricular, jam 12.00 hingga dengan jam 13.00 ISHOMA, jam 13.00 hingga dengan jam 13.30 yakni materi gangguan elektrolit & dampak obat kepada EKG, jam 13.30 hingga dengan jam 14.00 yakni materi sindroma pre-eksitasi & ritme pada pacu jantung.

Hari kedua pelatihan EKG dilakukan pada jam 08.00 hingga dengan jam 09.45 yakni latihan kasus-kasus EKG, jam 09.45 hingga dengan jam 10.00 COFFEE BREAK, jam 10.00 hingga dengan jam 12.00 ujian skill ECG, jam 12.00 hingga dengan jam 13.00 ISHOMA, jam 13.00 hingga dengan jam 13.30 post test, jam 13.30 hingga dengan jam 14.00 ulasan, jam 14.00 hingga dengan jam 14.05 penutup dan acara lainnya.

Syukur Alhamdulilah saya dapat melewati ujian megacode dengan lancar. Sesudah seluruh kategori selesai ujian, saya diperintah menunggu sebagian. Tak lama sesudah itu, alhasil dokter penanggungjawab masuk keruangan dan di meja beliau telah tertumpuk map amplop yang di dalamnya akan ada keterangan apakah saya lulus pelatihan atau tidak. Kami bahkan dipanggil satu-persatu berdasarkan absen. Tibalah saya mengambil map amplop tersebut, setelah saya buka, rupanya di dalamnya ada sebuah pin dan sertifikat EKG, alhamdulilah saya lulus ujian. Namun ternyata tidak seluruh peserta pelatihan lulus ujian dalam pelatihan kali ini, saya tidak tau pasti berapa jumlah yang tidak lulus, namun dari raut wajah yang nampak setelah pembagian amplop, banyak yang bersedih sebab tidak lulus, yang jelas kelompok ujian saya lulus semua.

Ok seperti itulah pengalaman saya ikut serta pelatihan EKG di PERKI Jaya. Apabila kalian berkeinginan ikut serta pelatihan EKG  silahkan hubungi ke Contact Person ini 0817-0825-883 atau bisa klik di bawah ini :

Semoga artikel ini membantu kalian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar